Bagaimana memulai bisnis ?

O

Pertanyaan yang sering diajukan pembaca Blog Betiga Klaten : “Bagaimana memulai bisnis Agen Aqua dan LPG Pertamina?”. Pertanyaan standar bagi yang ingin memulai usaha, klasik dan selalu seperti itu.

Jawaban sayapun standar dan klasik: “Ya… seperti kalau mau buka warung”. Tentu saja bukan hanya sekedar buka warung, pasti ada kelanjutannya. Kalau belum punya tempat usaha, carilah lokasi yang strategis. Kalau sudah mempunyai tempat usaha, berjuanglah agar warungnya maju dan berkembang.

Bagaimana cara mengelola bisnis? Saya jawab : “Nanti akan ketemu sendiri…”. Pertanyaan selanjutnya : “Lho… kok ketemu sendiri ?”
Hmmm… setiap pertanyaan sudah dijawab, selalu diikuti dengan pertanyaan baru, yang intinya mereka menginginkan agar bisnis yang akan didirikan langsung menguntungkan, serta tidak merepotkan bagi calon pengusaha tersebut.

Mempunyai toko saja belum, namun sudah ketakutan bila tidak laku, takut rugi, dan tidak mau repot ‘belajar bisnis’, akhirnya malah tidak jadi buka toko, karena keinginan menjadi pengusaha tersebut hanya ‘wacana’ saja. Diperlukan ‘langkah nyata’ dan keberanian yang ‘terukur’ untuk memulai suatu bisnis.

Yang dimaksud ‘ketemu sendiri’ adalah, jika sudah telanjur punya toko, maka siapapun pasti akan berjuang keras untuk mengatasi setiap hambatan yang dialami.
Maka biasanya saya akan bertanya: “Apa anda sungguh-sungguh mencintai dan siap menekuni bisnis ?”. Kalau jawabannya “YA”, maka itulah asset gratis untuk menuju ‘ketemu sendiri’ tadi.

Memilih bidang bisnis itu seperti memilih pasangan, sehingga mencintai bisnis juga seperti mencintai pasangan.
Anda akan berjuang mati-matian, apapun akan dilakukan untuk menjaganya, merawatnya, mengupayakan kesembuhannya ketika sakit, mencari jalan keluar ketika menghadapi masalah, serta bangkit penuh semangat ketika terpuruk.

Orang yang sedang jatuh cinta memiliki gairah, semangat, energi, yang kualitas dan kuantitasnya sering tidak masuk akal, maka jatuh cintalah pada bidang bisnis yang dipilih.

Perlu dipahami, bahwa dagang atau bisnis itu tidak ada hubungannya dengan bakat. Bisnis itu ketrampilan yang dapat dipelajari dan dilatih. Syaratnya mau kerja keras untuk belajar dan menjadi terlatih.

Bila niat untuk membuka bisnis sudah bulat, segera lakukan aksi. Jangan biarkan impian anda hanya berupa wacana. Salam wirausaha Indonesia.

2 thoughts on “Bagaimana memulai bisnis ?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s