Peluang usaha : Kenali potensi anda

Analisis SWOT

Cara orang memulai sebuah usaha sangat beragam, ada yang memulai usahanya secara kebetulan dan tidak pernah membuat rencana yang detil. Dasar hoki, usaha yang tanpa rencana matang tersebut bisa sukses besar.

Sebaiknya jangan terlalu bermimpi, bahwa hoki yang sama akan akan menghampiri anda. Ingat, garis tangan nasib orang berbeda-beda.

Agar usaha yang akan dijalankan bisa berumur panjang dan sukses, disarankan anda membuat rencana bisnis yang benar-benar matang, yakni membuat analisis SWOT secara sederhana, terlebih ditujukan kepada potensi diri anda sendiri sebagai pengusaha.

Untuk membuat analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), anda tidak harus menunggu menjadi pengusaha besar. Para pengusaha yang memulai usaha kecil pun perlu melakukannya.

Biar usaha bisnis yang dikelola sukses, anda harus bisa mengoptimalkan ‘kekuatan’ (strength), mengurangi ‘kelemahan’ (weakness), mengeksploitasi ‘peluang’ (opportunity), serta bisa bertahan dari ‘ancaman’ (threat).

Yang pertama, kekuatan dan kelemahan potensi diri sendiri yang bisa mendukung anda dalam menangkap peluang usaha yang dipilih.

Kekuatan ini bisa berupa banyak hal, misalnya : pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, mempunyai lokasi usaha yang srategis, relasi yang banyak, mengetahui informasi sumber bahan baku yang murah, serta mempunyai modal uang yang banyak.

Berikutnya, anda mesti mengenali kelemahan diri sendiri, yakni hal-hal yang berlawanan dengan faktor-faktor dalam alinea sebelumnya (tidak mempunyai pengalaman kerja, lokasi usaha tidak strategis, dan sebagainya).
Faktor kekuatan dan kelemahan pada umumnya berasal dari Internal diri anda sendiri.

Yang kedua, peluang dan ancaman, faktor ini berasal dari kondisi di luar diri anda.

Peluang merupakan semua kondisi External yang bisa membantu bisnis pilihan anda, antara lain : tingkat persaingan bisnis tidak terlalu ketat, kondisi perekonomian Nasional yang sedang tumbuh, serta kebijakan Pemerintah yang peduli pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dalam kondisi sebaliknya, persaingan, kondisi perekonomian dan kebijakan Pemerintah dapat menjadi ancaman yang serius bagi kelangsungan bisnis anda.

Yang ketiga, mendokumentasikan semua faktor analisis SWOT tersebut di atas. Kemudian buatlah program yang berisi rencana aksi untuk memanfaatkan kekuatan anda dan menimba peluang bisnis yang bisa dikerjakan. Dan pada saat yang sama, anda harus membuat strategi untuk mengurangi kelemahan dan mengatasi ancaman yang bakal anda hadapi.

Apabila program dan strategi yang sudah anda siapkan itu ternyata tidak mampu mengatasi kelemahan dan ancaman, sebaiknya anda mengubah rencana usaha anda. Siapkan bidang usaha baru yang lebih realistis dan bisa anda jalankan.

One thought on “Peluang usaha : Kenali potensi anda”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s